Monday, January 16, 2012

Car Washing

Car Washing

Car Washing
Bertahan lamanya suatu kendaraan dari kerusakan sebenarnya tergantung dari satu hal yaitu rutinitas perawatan atau konsisten atau tidaknya perawatan. Semua komponen atau bagian dari kendaraan memerlukan perawatan termasuk interior maupun eksteriornya. Kenyamanan pengendara juga sangat tergantung dari perawatan. Bayangkan jika kondisi interior kotor dan bau, sangat membuat tidak nyaman bagi pengendara, cepat lelah dan membosankan. Sehingga kendaraan memerlukan pencucian (car washing) baik body maupun interiornya. Apalagi berhubungan dengan body yaitu masalah cat, jika pada cat terdapat kotoran dan tidak dibersihkan dalam jangka waktu yang lama secara tidak langsung akan merusak cat. Sebenarnya pencucian (car washing) mempunyai jangka waktu/jarak perawatan tertentu agar terjaga kondisi catnya. Adapun beberapa jangka waktu perawatan kendaraan sbb:
 Eksterior                                                                        Frekuensi

  • Cuci bodi                                                               Tiap minggu
  • Cuci velg dan ban, dengan cuci mobil                       Tiap minggu
  • Semir ban, bareng setelah cuci                                1-2 minggu
  • Detail velg                                                              1 bulan sekali
  • Detail wheel wells (rumah ban)                                 6-12 bulan sekali
  • Bersihkan kaca luar dan dalam                                 Tiap minggu
Ketentuan di atas merupakan jadwal dengan asumsi penggunaan kendaraan pada medan yang biasa, berbeda lagi jika kendaraan sering digunakan untuk kondisi medan berlumpur atau musim hujan, tentunya rutinitas waktu pencuccian lebih di perpendek. Adapun step pencucian yaitu:
1.     Pencucian kendaraan
              Merupakan step pencucian kendaraan di lengkapi car lift dan jet pump, sehingga memungkinkan menjangkau bagian bawah kendaraan dengan detail. Selain itu dengan fasilitas snow ball, yang memungkinkan membersihkan kotoran di body kendaraan.





2.   Pengeringan Kendaraan
Merupakan step kedua yaitu pengeringan body kendaraan dan pembersihan interior kendaraan, meliputi vacuum lantai, jok, pembersihan karpet dan dashboard, kemudian dilakukan penyemiran ban.



Sumber : ultratune.gamamulti.com/profile/washing