Tuesday, March 6, 2012

TIPS MERAWAT BALITA

Perawatan kesehatan anak memang harus ekstra hati-hati dan kita sebagai orang tua mesti benar-benar memperhatikan kondisi, perilaku, lingkungan dan bahkan apa saja yang telah dikonsumsi anak-anak kita(makanan). Berikut tips-tips saya dalam merawat anak.
  1. Jika batuk ada kemungkinan karna kecapaian, masuk angin dan makanan (jajanan kecil atau snack, chiki dll). Hindari atau kurangi jajan dengan rasa source / perasa yang tinggi. Biasakan jajan dengan makanan yang sehat, seperti susu, roti, agar, dan coklat.  
  2. Jika pilek ada kemungkinan karna kondisi cuaca yang dingin, atau cuaca panas kemudian minum es /air dingin, tertular oleh orang tua, kakak/adik atau ketika sedang bermain dengan teman yang sedang pilek.
  3.  Jika sariawan ada kemungkinan karna cuaca, pola makan ( biasanya gorengan yang paling cepat mempengaruhi).
  4. Jika panas badan tinggi, hal ini banyak penyebabnya menurut pengalaman saya karna tumbuh gigi, batuk, pilek, infeksi hidung ISPA, infeksi lambung/gangguan pencernaan, luka di tubuh seperti habis jatuh, kecapaiaan dan menurut orang tua dulu katanya si anak mau pintar yang berarti si anak sedang tumbuh berkembang baik tubuh dan mentalnya. Untuk hal seperti ini kita tidak terlalu kawatir.
  5. Untuk kasus anak sering panas tinggi dan anak cenderung stip (kejang karna panas yang tinggi) orang tua harus sangat ekstra hati-dan selalu sedia obat penurun panas untuk pencegahan pertama. Sediakan pula termometer untuk mengetahui panas badan dan jangan ketinggalan obat anti kejangnya. Walaupun sudah diberikan obat penurun panas dan obat anti kejang jika panas terjadi segera bawa anak ke dokter untuk mendapatkan obat dan perawatan yang tepat agar pemicu panas si anak bisa dideteksi. Kalau bisa dideteksi biasanya pemulihan / penurunan panasnya cepat sekali. Dan bila diperlukan harus rawat inap ikuti petunjuk dokter demi kesehatan anak kita.
Tips-tips sehat balita yang lain   :
  1. Memberikan sentuhan (pijitan halus ) menjelang tidur (dengan dibalur minyak kayu putih atau vicks vaporub untuk usia diatas 3 tahun). Jika pijitan kita belum cukup membuat nyaman si anak, (tandanya adalah ketika sudah tidur setelah kita pijit si anak tidurnya masih gelisah) maka anak perlu diurut oleh ahli urut bayi ( jawa:dukun bayi). dan akan bagus jika hal ini dilakukan secara berkala 1 bulan atau dua bulan diurut dukun bayi.
  2. Tidak sembarangan memberikan makanan/jajanan. meskipun dari mini market / super market. karna anak balita sangat sensitif dengan berbagai hal disekitar kita.
  3. Jangan membiarkan anak berlama-lama tidak memakai baju.
  4. Jangan membiarkan anak kelelahan dan berkeringat dalam waktu yang lama. segera setelah bermain dan berkeringat, basuh dengan air dan istirahatkan dengan diberikan susu.
  5. Perhatikan anak dengan kasih sayang, dan cobalah untuk mencari dan menganalisa setiap anak sakit dengan bertanya, apa penyebab utamanya, stelah ketemu hindari untuk menjaga kesehatan anak kita.
    Sekian semoga bermanfaat
Sumber : https://d132a.wordpress.com/2009/02/04/bagaimana-menghindari-alergi-debu/