Tuesday, July 3, 2012

tips agar Akun FB aman dari Hacker

“tips untuk menghindari akun FB kamu kemungkinan gampang untuk dihack oleh bandit² Facebook… Ini untuk yang belum ngerti, yang sudah ngerti, tolong dibantu yak… :D

Sebelum membaca tipsnya jangan lupa baca Bismillah dulu, supaya paham. ^_^

  • Oke, Kita Mulai… Sebelum login/masuk ke Facebook, pastikan alamat URL yang kamu ketik sudah benar pada browser address bar, krn saat ini banyak “alamat-alamat palsu” mirip FB (Facebook Login Phising, namanya), tampilan antara link FB asli dan palsu/phising benar² mirip. Pastikan URL Facebook yg kamu ketik sdh benar, misal http://www.facebook.com/  atau http://www.facebook.com/login.php bukan yang lain.
  • Jangan  pernah menampilkan alamat email pada info profil kamu, atur privasi-nya “hanya saya“ yang dapat melihat.  Artinya cuma kamu yang bisa melihat email yang ada di info profil kamu.
  • Sebaiknya kamu memiliki dua akun email atau lebih untuk dapat mengakses akun facebooknya, tambahkan alamat email kedua atau ketiga pada halaman account privasi facebook kamu. Begitu juga pada email, tambahkan email konfirmasi pada akun emailnya. Sebab, jika akun email kamu juga di hack, kamu masih bisa mengembalikannya melalui email yang lain.
  • Usahakan ganti password akun FB kamu secara berkala, gunakan kombinasi huruf, angka dan tanda baca lainnya (susah tapi mudah untuk kamu ingat), kalau perlu Password kamu itu dicatet di dalam lubuk hati yg paling dalam. So Sweeettt… :p
  • Hindari menggunakan Password: tanggal lahir kamu, tanggal lahir pacar/suami/istri, nomer telpon/hp, nama pacar/suami/istri. Apalagi nomer Sepatu kamu. Jangan yaaa… :D
  • Gunakan Password berbeda antara Password di email dan Password yang kamu gunakan di akun FB, sehingga apabila akun FB kamu dihack, kamu bisa reset Password melalui email.
  • Buatlah pertanyaan keamanan akun Facebook kamu di halaman ini Keamanan Akun Facebook, di halaman tsb kamu bisa menambahkan email sekunder, menambahkan nomor hp, dan menetapkan pertanyaan keamanan untuk akun fb kamu. (ini sangat penting).
  • Jangan lupa Logout/keluar jika kamu akses facebook melalui hp teman atau warnet.
  • Biasakan selalu  “Clear History” pada web browser, supaya cache dan password history yang tersimpan di Komputer akan hilang. Apalagi  jika kamu online di warnet (ditempat umum ), Cari di Tools “clear recent history” lalu pilih “everyting” kemudian centang semua “browsing & download history” dst… lalu click “clear now”.
  • Apabila sedang membuka Facebook ditempat umum, warnet, kampus dll. tiba² komputernya mati atau mati lampu, segera Login facebook dari tempat lain, karena facebook hanya menerima satu IP public dan satu ID web browser saja dalam waktu yang bersamaan dan menghilangkan status login sebelumnya. Tapi kalau mau menunggu hingga lampu hidup kembali itu lebih bagus. :D
  • Jika sering online ditempat umum, cobalah setiap masuk/login ke facebook gunakanlah “keyboard screen” untuk mengisi email dan  passwordnya, agak ribet sih tapi tinggal klik doang kok, demi keamanan kamu ribet sebentar gak apalah. Caranya Click Menu START, lalu ketik “RUN” (tanpa tanda petik) di kotak Search untuk yang gunakan Windows 7 dan ketikan “OSK” (tanpa tanda petik) maka akan muncul keyboard digital. Serupa dengan menu tampilan keyboard biasa, ini guna mencegah bila ada warnet tersebut menggunakan software seperti Keylogger yang mampu merekam setiap aktivitas penggunaan Keyboard.
  • Saat ingin login facebook, pastikan  tidak mencentang tulisan “Biarkan saya tetap masuk” atau kalau orang inggris bilang “Keep me logged in” dibawah kotak email saat akan login, jika sudah tercentang hilangkan kembali centangnya agar mencegah email dan akun fb  tidak terbuka saat kamu sudah keluar dari halaman akun fb.
  • Jika kita membuka fb dengan browser firefox atau mozilla, maka diatas ada pertanyaan dalam Bahasa Inggris “do you want firefox to remember the password forexample@yahoo.com on facebook.com ?“ maka yg harus kamu click adalah not now”. Gunanya agar mozilla di komputer tersebut  tidak menyimpan password dan email kamu..!!!
  • Jika ada diantara kamu yang akun facebooknya kena hack, cobalah untuk meneliti pemberitahuan pada kotak masuk akun email (login ke email), apakah ada pemberitahuan dari pihak facebook.  Jika alamat email facebook kamu telah diganti dengan alamat email lain, begitu juga password facebook kamu apakah ada pemberitahuan telah mengganti dengan yang baru. Nah jika ada, kamu dapat merebut kembali akun facebook dengan meng-cancel atau meng-click link yang diberikan pihak Facebook di email kamu itu.
  • Berhati-hatilah ketika meng-click sebuah tautan situs web yang kamu lihat atau diberikan orang lain melalui inbox atau box chatting, jika kamu diajak untuk mengikuti situs tersebut yg mana diminta untuk  login fb kembali seperti awal, jangan pernah mengikutinya. Kembalilah pada wall fb kamu semula, karena bisa dipastikan tautan/link tersebut adalah Phising, tapi bila situs web tersebut berisi artikel dan tidak meminta kamu harus login seperti awal, itu tidak apa² alias no problemo. :D
  • Atur atau aktifkan “Persetujuan masuk ke Facebook” di pengaturan akun kamu atau click dan atur di sini Pengaturan Akun“, ini agar orang lain tidak bisa mengakses akun fb kamu dari perangkat lain.
  • Sering-seringlah untuk cek email kamu dan juga cek perangkat yang pernah masuk ke akun facebook kamu di “Pengaturan Akun” Facebook.
  • Jika ingin berselancar di dunia maya dengan aman, ingin memiliki sahabat atau bahkan pacar (cinta), saya sarankan untuk bergabung/daftar di jejaring sosial asli Indonesia yang gak kalah seru sama Facebook atau jejaring² sosial lainnya, click dan join di sini Statusbooks Indonesia“,  dijamin gak nyesal dech… (promosi).
semangat dan merdeka!!!